Di zaman yang serba digital ini membuat semua kegiatan yang akan kita lakukan menjadi semakin mudah dan cepat. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan mulai dari belanja, bermain game bahkan donasi. Seperti yang diketahui saat ini banyak platform penggalangan dana online yang menyalurkan bantuan untuk mereka yang membutuhkan. Tertarik donasi online? berikut informasi lengkapnya.

Cara Mudah Penggalangan Dana Online

1. Mengenal apa itu galang dana online

Sebelum membahas lebih lanjut cara galang dana online, kamu harus tahu apa itu galang dana online. Ia merupakan kegiatan penggalangan dana yang sifatnya terbuka untuk umum dan dilaksanakan secara online. Penggalangan dana ini umumnya dikampanyekan lewat online seperti melalui sosial media.

Berbeda dengan aksi galang dana yang dilakukan secara langsung, kamu bisa berdonasi online dengan menggunakan dompet digital maupun transfer bank. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena dana yang disalurkan diberikan kepada mereka yang membutuhkan bukan untuk memenuhi kebutuhan suatu oknum tidak bertanggung jawab.

2. Sebutkan Alasan penggalangan dana

Bagi kamu yang berminat untuk melakukan penggalangan dana online caranya cukup praktis tanpa perlu turun ke jalan. Langkah yang pertama yaitu dengan mendeskripsikan kronologi sejelas-jelasnya mengapa donasi tersebut dilakukan.

Adapun ulasan yang bisa dituliskan seperti mengapa galang dana tersebut dilaksanakan, untuk siapa galang dana tersebut, untuk apa jika dana jika terkumpul dan lain sebagainya. Galang dana ini tidak terbatas maksudnya siapa saja bisa melakukan dan bisa dana diberikan bagi siapa saja yang membutuhkan pertolongan mulai dari bantuan kesehatan hingga bencana gempa.

Deskripsi yang lengkap dan rinci membuat aksi galang dana ini menjadi lebih efektif karena donatur menjadi lebih percaya bahwa dana yang diberikan digunakan untuk hal yang bermanfaat. Selain itu, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai aksi tersebut sehingga target dana yang dibutuhkan lebih mudah tercapai.

3. Lengkapi dengan foto

Untuk mendukung kevalidan data, langkah yang harus dilakukan berikutnya yakni dengan menambahkan foto. Gunakan foto yang mendukung dan sesuai dengan maksud donasi dilakukan, misalnya penggalangan dana online dilakukan untuk membantu balita yang menderita kelainan atau penyakit lainnya maka sertakan fotonya untuk mengajak masyarakat berdonasi.

Pasalnya jika hanya menuangkan deskripsi dan cerita pada platform galang dana, tidak sedikit donatur yang kurang yakin dan percaya. Sehingga untuk meyakinkan informasi tersebut alangkah lebih baik dilengkapi dengan foto asli.

Perlu diketahui, meskipun bersifat sakral dan penting tidak sedikit oknum yang tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan aksi tersebut. Oleh sebab itu, jangan sampai tujuan mulia yang ingin kamu bangun dianggap palsu atau bahkan disalahgunakan dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

4. Supaya mudah dicari gunakan kata kunci dan tagar

Supaya lebih mudah ditemukan kamu bisa menambahkan tagar yang berkaitan dengan aksi tersebut. memang terdengar sepele, namun ternyata tagar ini mempunyai peran yang cukup penting khususnya dalam mesin pencarian.

Selain tagar, kamu juga dapat menggunakan kata kunci atau keyword yang sesuai dengan tujuan aksi galang dana. Seperti yang diketahui bahwa kata kunci memiliki peran penting dalam mesin pencarian agar lebih cepat muncul di satu halaman. 

Sebaiknya gunakan kata kunci atau tagar yang spesifik dan mudah diingat oleh banyak orang karena semakin banyaknya aksi galang dana, terkadang membuat beberapa donatur kesulitan menemukan suatu kegiatan penggalangan dana yang dituju. Dengan kata kunci dan tagar spesifik donatur semakin mudah menemukan aksi galang dana yang kamu buat.

5. Bagikan ke media sosial lainnya

Cara yang dapat kamu lakukan berikutnya yakni dengan menyebarkan aksi penggalangan dana online tersebut ke berbagai sosial media. Mungkin bukan hal yang baru lagi bagi kamu bahwa membagikan sesuatu lewat sosial media akan lebih cepat menarik perhatian khalayak.

Saat ini sosial media juga berperan sebagai pasar yang digunakan untuk mempromosikan sesuatu termasuk dengan kegiatan bermanfaat satu ini. Kamu bisa membagikan kegiatan galang dana tersebut di berbagai platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube,

Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan teman atau kerabat dekat untuk melakukan donasi. Minta juga mereka untuk ikut menyebarkannya lewat sosial media seperti telegram dan WhatsApp agar semakin banyak orang yang melakukan galang dana.

6. Tuliskan informasi terbuka

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan yaitu dengan menuliskan informasi secara terbuka. Maksudnya, kamu harus memberikan informasi terkait dana yang sudah terkumpul dan bagaimana kelanjutannya. Berapa banyak dana yang terkumpul, apakah sudah mencapai target atau belum, apakah dana tersebut sudah disalurkan ke penerima atau belum.

Bagian yang tidak kalah penting yaitu kamu harus menjaga komunikasi dengan para donatur yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Pentingnya menjaga komunikasi ini dapat membangun kepercayaan satu sama lain.

Jadi, selama kegiatan tersebut berlangsung ada baiknya kamu terus memantau perkembangannya. Sementara itu, setelah galang dana selesai usahakan jangan langsung menghilang, melainkan tetap menjaga silaturahmi dan berkomunikasi dengan para donatur seperti mengucapkan terima kasih atau interaksi lainnya.

Itulah cara mudah penggalangan dana online yang bisa kamu coba untuk open donasi sehingga lebih efektif. Jika kamu tergerak melakukan donasi online untuk membantu mereka yang membutuhkan bisa donasi online di WeCare karena sekecil apapun bantuan kamu sangat berarti bagi mereka. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa melihatnya di https://wecare.id/.