Sebagai pengguna teknologi informasi, tidak asing bagi kita dengan istilah PROXY. Secara umum arti dari proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content material dari Internet atau intranet. Dengan kata lain proxy merupakan sebuah media keamanan bagi akses jaringan internet kita.

Terdapat beberapa macam tipe proxy, diantaranya SSL Proxy, Web Proxy, Intercepting Proxy, Reverse Proxy, dll. Setiap tipe proxy memiliki fungsi masing-masing. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu proxy yang merupakan fitur dari RouterOS MikroTik, yaitu Web Proxy.

Dalam pembahasan ini kita akan menekankan bagaimana cara melakukan pemblokiran website menggunakan “Web Proxy Access. Contoh kasus, kita akan memblokir akses internet dari consumer ke

Berikut saya akan praktekan 4 cara Blokir web site yang dilarang

A. Blokir Website dangan Web Proxy

Sebelum temen-temen melakukan blokir situs pastika sudah mengaktifkan internet proxy
1. Menampilkan Web Proxy dan Menambahkan Blokir Web.
untuk menampilkan pengaturannya pilih IP > Web Proxy > Lalu pilih Tab Access tanda + (menggunakan RB750) untuk menggunakan yang lain Access berapada disebelah Kanan.

Keterangan:
Dst.Host : *.playboy* (situs yang akan di blokir) / atau bisa langsung
Action : Deny (Akses tidak diijinkan)
Redirect To : Dialihkan ke situs lain (contoh mikrotik.co.id)
Klik Ok apabila sudah selesai menambahkan situs yang di Blokir.

2. Percobaan

Saya akan melakukan browse detik.com apabila konfigurasi kita berhasil maka akan ada tampilan seperti ini.
Percobaan Berhasil Menggunakan Web Proxy, untuk blokir mp3 atau file exitensi bisa juga dengan ketik dibagian path *.mp3*dll.

Note :
Kelemahan Web Proxy untuk memblokir website yang menggunakan https tidak akan bisa diblokir contohnya : facebook, yuotube, tokopedia, bukalapak, maka dari itu untuk memblokir situs-situs https saya menggunkan layer 7 Ptotocol dan menggunkan mangel.

B. Blokir Situs dengan L7 Protocol

Untuk membuat fitur IP > Firewall Lalu Pilih Tab L7 Protocol
– Membuat Script L7P klik tanda + lalu isi Kolom name dengan nama script dan Regexp: ^.+(youtube.com|facebook.com|olx.co.id).*$

Keterangan:Setiap person yang mengakses situs yang telah di tuliskan pada L7P (Tab Advanced) maka akan diarahkan (Chain: Forward) dengan aksi diblokir (Action:Drop).