JAKARTA, iNews.id – Pengguna smartphone terkadang kerap mendapatkan pesan yang tidak diinginkan berulang kali. Tak dapat dipungkiri, pesan spam tersebut mengganggu sejumlah pengguna smartphone yang ada.

Nah, jika Anda mendapatkan banyak sekali pesan spam di ponsel Anda, sebaiknya mulai berpikir cara untuk menghentikannya. Pada dasarnya caranya cukup mudah untuk dilakukan.

Anda hanya memerlukan bantuan aplikasi khusus penghalau spam di ponsel Android. Berikut rekomendasinya untuk Anda seperti dikutip iNews.id dari Makeuseof, Senin (2/9/2019).

1. Truecaller

Perusahaan yang sama di balik Truecaller juga mempunyai aplikasi bernama Truemessenger. Aplikasi ini bertindak sebagai pemblokir spam SMS di inbox Anda.
Namun, sejak Truecaller versi eight.0, aplikasi utama mempunyai seluruh fitur Truemessages. Artinya, Truecaller sekarang juga dapat menghalau pesan spam di ponsel Anda.

Dengan menginstal Truecaller di ponsel Android, Anda mendapatkan dialer replacement dan aplikasi SMS yang mencari nomor tak dikenal dengan nama-nama dari database mereka.

Seiring dengan pengidentifikasian pengirim, Truecaller juga menunjukkan berapa banyak pengguna melaporkan SMS spam dari kontak tertentu. Hebatnya, aplikasi secara otomatis memblokir prime spammer agar tidak menghubungi Anda.

Lapisan pertahanan otomatis ini menjadikan Truecaller menjadi salah satu SMS spam blocker untuk Android. Jika Anda menerima pesan SMS spam, klik Block & report spam di akhir percakapan.

Lalu, bila opsi ‘Notification for blocked SMS’ dalam Settings dimatikan, Anda tidak akan pernah melihat notifikasi dari kontak itu lagi. Anda juga dapat memblokir sender dengan mudah menggunakan fast motion shortcut di notifikasi tex messages.

2. Key Messages

Saat menggunakan Key Messages, aplikasi akan secara otomatis mimindai kontak masuk Anda dan mengidentifikasi spam text messages apapun. Aplikasi akan menyembunyikan pesan spam dari inbox Anda.

Serupa dengan block listing, aplikasi juga mempunyai whitelist untuk sender, sejumlah nomor, dan kata yang akan selalu masuk ke inbox Anda. Cara ini membuat Key Messages cara terbaik untuk memblokir spam text messages tanpa sengaja melibatkan nomor teman yang dikenal.

3. AntiNuisance

Anda dapat backlist SMS messages yang hadir dari nomor atau nama tertentu. Anda juga dapat mem-backlist kata, yang berguna untuk menghindari mendapatkan pesan dari perusahaan tertentu.

Cukup enter nama di listing, dan Anda tidak akan perna mendengar entitas itu lagi. Jika beberapa spam berhasil masuk, Anda dapat report spam textual content dengan tap opsi tiga dot yang terletak di kanan atas setiap percakapan.

Menariknya, pesan yang tertangkap aplikasi akan masuk ke log, sehingga Anda dapat memeriksa pesan sah dari teman atau keluarga tidak terblokir.