Pada dasarnya laptop dan notebook mempunyai fungsi dan kegunaan yang hampir sama, akan tetapi terdapat jenis perbedaan baik dari segi keunggulan maupun dari segi kekuranganya. Laptop merupakan jenis komputer yang dibuat dengan ukuran lebih kecil, laptop dapat dibawah kemana saja dan mempunyai berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan komputer. Sedangkan notebook hampir sama dengan laptop akan tetapi fungsi notebook sedikit berbeda dengan notebook. Untuk harga laptop dibandrol dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan notebook.  Adapun perbedaan lainya antara laptop dan notebook diantaranya

  • Perbedaan berat
  • Ukuran layar
  • Daya tahan bateri
  • Kapasitas RAM
  • DVD room

1. Perbedaan berat

Laptop mempunyai desain yang lebih besar jika dibandingkan dengan notebook, laptop dibuat dengan berat antara 2kg, sedangkan notebook dibuat dengan berat 1,5 -2kg. notebook lebih ringan jika dibawah kemana saja. Setiap perusahaan dimasa sekarang banyak yang berlomba-lomba dalam membuat perangkat lunak dengan ukuran yang lebih ringan dan tipis. Bobot yang berat pada laptop dikarenakan ukuran laptop lebih besar jika dibandingkan dengan notebook.

2. Ukuran layar

Ukuran layar pada laptop lebih lebar jika dibandingkan dengan notebook. Ukuran layar pada notebook berukuran 13 inci sedangkan pada layar laptop mempunyai ukuran layar 17 inci, hal ini membuat banyak orang lebih melirik laptop sebagai alat yang digunkan untuk membantu pekerjaan atau segala aktifitasnya. Dengan ukuran yang lebar, laptop terjadang sering dipakai untuk bermain game karena game yang dimainkan akan ditampilkan dengan layar yang lebar akan membuat anda semakin menikmati saat bermain game.

3. Daya tahan bateri

Dari segi bateri notebook lebih tahan lama dan awet jika dibandingkan dengan laptop. Notebook tidak perlu selalu tersambung dengan listrik berbeda dengan laptop yang lebih cepat memakan bateri. Pemakaian bateri pada laptop lebih cepat habis karena perngklat lunak pada laptop lebih banyak dan menjadi salah satu penyebab laptop lebih cepat memakan daya bateri pada perangkat.

4. Kapasitas RAM

Pada kualitas penyimpanan yang terdapat pada laptop lebih besar daripada notebook, anda laptop banyak diminati karena penyimpanan yang terdapat pada laptop lebih besar jika dibandingkan dengan pada notebook.

5. DVD room

Pada notebook tidak terdapat DVD room, sedangkan pada laptop terdapat DVD room yang bisa dipakai untuk pembacaan kaset, akan tetapi pada notebook bisa menggunakan pembacaan kaset namun menggunakan bantuan DVD room eksternal.

Namun selain perbedaan diatas terdapat keunggulan yang sama yang terdapat pada laptop dan notebook dianataranya

  • Desain atau editing
  • Penyimpanan data penting
  • Media hiburan

1. Desain atau editing

Laptop dan notebook bisa anda manfaatkan sebagai sarana untuk proses editing atau mendesain. Anda bisa memanfaatkan laptop untuk desain untuk membuat poster, browser atau desain lainya, sama seperti laptop notebook juga bisa anda gunkan untuk mendesain namun harus memasang aplikasi editing terlibih dahulu.

2. Penyimpanan data penting

Penyimpanan pada laptop dan notebook bisa dipakai sebagai tempat menyimpoan berbagai data penting anda agar tetap aman dan anda bisa memasukkan sandi didalamnya agar lebih menambah sistem keamanan data anda.

3. media hiburan

Notebook dan laptop adalah sebuah perangkat lunak yang mudah tersambung dengan internet, hal ini akan membantu anda akan lebih mudah tersambung dengan internet dan salah satu manfaatnya adalah anda bisa menikmati segala bentuk kategori hiburan yang tersedia di internet melalui laptop dan juga notebook.