Apel merupakan jenis buah yang digemari banyak orang. Rasanya manis asam dan memiliki manfaat besar. Kandungan antioksidan tinggi, menjadikan buah bulat ini sebagai asupan penambah tenaga bagi orang yang sedang dalam program diet.

Kadar kalorinya rendah, namun kandungan seratnya tinggi.  Jenisnya pun beragam dan berasal dari beberapa wilayah di Indonesia.

Macam-Macam Apel yang Mudah Ditemukan di Indonesia

Terdapat berbagai macam jenis apel ditemukan di Indonesia. Paling sering dijumpai berwarna merah. Padahal tidak semua buahnya berwarna merah. Apa saja ya jenisnya?

1. Manalagi

Manalagi merupakan jenis yang paling populer di Indonesia. Banyak dibudidayakan di Batu, Malang, Jawa Timur, manalagi berwarna hijau kemerah-merahan dan rasanya agak asam. Terdapat dua karakteristik manalagi, pertama berukuran besar, satunya berukuran lebih kecil tapi teksturnya sama.

2. Rome Beauty

Rupanya, tidak hanya manalagi saja lho yang dibudidayakan di Batu, Malan, namun juga rome beauty. Apel satu ini merupakan bahan utama pembuatan minuman sari buah karena rasanya sangat kuat jika dibanding dengan jenis lainnya.

Paduan rasa manis dan asam dari rome beauty, membuat minuman sari buah terasa lebih nikmat. Warna kulitnya berwarna hijau agak merah hasil paparan sinar matahari. Apabila Anda bisa mendapatkan rome beauty dalam kondisi matang di pohon, maka teksturnya sangat renyah.

3. Anna

Jenis lainnya yang sering ditemukan di Indonesia adalah anna. Bentuknya bulat memanjang dan berwarna kuning kemerah-merahan. Kandungan air apel ini cukup tinggi dan dagingnya padat tapi bertekstur lunak.

Rasa asam akan sangat kuat jika dikonsumsi langsung setelah dipetik dari pohon, akan tetapi justru terasa manis apabila dikonsumsi 3 – 4 hari setelah dipanen.

Anna bukanlah buah yang bisa dibawa melewati perjalanan panjang. Pasalnya, dalam beberapa waktu saja, sudah akan membusuk. Jadi, bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh buat keluarga di rumah, ada baiknya memilih jenis lainnya.

4. Fuji

Hampir keseluruhan kulit buah ini berwarna merah muda. Fuji, dilihat dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau asalnya dari Jepang. Hasil persilangan red delicious dengan ralls janet ini, pertama kali dikembangkan di Negeri Sakura sekitar tahun 1930.

Kepopuleran Fuji dikenal di beberapa wilayah seperti Tiongkok, Korea bahkan Amerika Serikat. Tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, Fuji sangat nikmat di jadikan minuman jus dan beberapa jenis kudapan lainnya. Cocok juga untuk Anda yang sedang melakukan diet.

5. Golden Delicious

Golden delicious merupakan salah satu apel dari Amerika yang cukup dikenal di Indonesia. Walaupun daging buahnya lebih keras, namun kandungan airnya sangat tinggi.

Rasanya pun manis asam dengan warna kulit kekuningan.  Golden delicious sangat cocok digunakan sebagai selai maupun bahan untuk membuat kue pie.

6. Washington

Jenis buah bulat lain dari Amerika Serikat yang sangat populer di Indonesia adalah apel Washington. Warna kulitnya merah pekat dan teksturnya lunak. Rasa manis asam dari Washington ini banyak digemari masyarakat walau harganya lebih mahal dari buah lainnya.

7. Granny Smith

Jika dua jenis sebelumnya berasal dari Amerika, granny smith asalnya dari Australia. Kandungan air pada jenis apel ini cukup banyak dengan warna hijau dan rasa asam. Teksturnya lebih cenderung garing dan renyah.

Akan tetapi, kehadirannya di tanah air sempat menjadi polemik karena dianggap mengandung bakteri listeria monocytogenes, sehingga dilarang keras masuk Indonesia.

Perlu diingat, bahwa tidak semua granny smith membawa bakteri. Pastikan dulu untuk melihat apakah sudah lolos uji BPOM saat membelinya.

Sebenarnya, masih banyak jenis apel lain yang bisa dijumpai di Indonesia. Semua memiliki tekstur dan rasa yang berbeda-beda. Jika Anda ingin membeli berbagai macam buah, langsung saja download aplikasi Tanihub untuk mendapatkan buah terbaik. Tak hanya buah, di TaniHub Anda juga dapat membeli sayur mayur, sembako, beras, makanan kaleng, bumbu dapur, daging, susu dan telur. TaniHub merupakan platform business-to-business (B2B) dan business-to-consumer (B2C) produk pertanian, yang bertujuan menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha.