Bagaimana cara berjualan online tanpa modal?

Berjualan online dapat dijadikan sebagai penghasilan utama atau penghasilan sampingan. Berjualan online saat ini juga dapat dilakukan dengan mudah tanpa modal uang dengan cara menjualan produk orang lain, sistem ini biasanya disebut dengan istilah dropship. Banyaknya marketplace di Indonesia dan dukungan kurir yang sangat luas tentu saja mempermudah para pelaku toko online.

1. Berjualan OnlineSistemDropship

Misalkan Anda sudah mendapatkan supplier tas import. Nah, Anda cukup menjualan tas import tersebut kemarketplaceatau bisa juga lewat Facebook maupun Instagram.

Anda bisa mencari keuntungan lewat hasil penjualan tas import tersebut, jika produk sudah laku Anda cukup mentransfer sejumlah uang lalu provider pun akan langsung mengirimkan produk tersebut ke konsumen/pembeli Anda atas nama Anda sendiri.

Metode dropship sendiri dinilai efektif bagi pelaku toko online yang memiliki keterbatasan modal. Di samping itu, sistemdropship juga dapat dijadikan bisnis sampingan.

Bagi para mahasiswa, pelajar, pegawai swasta, ibu rumah tangga, dan sebagainya, tanpa menghabiskan banyak waktu. Karena Anda sendiri yang dapat mengatur waktu berjualannya.

2. Berjualan Sistem Reseller

Tak hanya menjadidropshippersaja, Anda juga tentu pernah mendengar sistem penjualanreseller. Metode penjualan ini ialah dengan menjual produk/barang kembali yang telah Anda peroleh darisupplier, lalu apa saja perbedaan antara dropshipper dengan reseller?

Jika dropshipper tak membutuhkan modal sebab sistem penjualannya ialah dengan menjualkan produk orang lain dan baru membayarkan sejumlah uang jika barang/produk tersebut laku, tapi reseller ialah orang yang terlebih dahulu membeli produk/barang dari supplier yang harganya lebih murah, lalu dijual lagi.

Kelebihan reseller itu sendiri ialah ia akan memperoleh keuntungan lebih besar dibandingkan dropship pada penjualan produk yang serupa karena harga baranya lebih murah jika dijual kembali, tapi tentu saja Anda membutuhkan modal untuk dapat memperoleh stok barang.

Adapun untuk menjadi seorang reseller ini, Anda harus selektif memilih supplier, lebih baik mengetahui target pasar terlebih dahulu, karena jika Anda asal-asalan memilihnya maka tidak menutup kemungkinan usaha yang Anda jalankan akan rugi besar karena Anda sudah mengeluarkan banyak uang sebagai modal pembelian barang/produk dari distributor atau supplier.

3. Sosmed dan Marketplace

Pada awalnya Instagram ialah sebuah platform media sosial untuk berbagi video atau foto aktivitas sehari-hari. Tapi seiring waktu, manfaat Instagram kian beralih sebagai media untuk mempromosikan produk dengan efektif.

Hal ini tentu saja didukung oleh banyaknya pengguna IG hingga milyaran orang, dengan demikian produk yang Anda jual pun akan mudah diketahui dan dijangkau banyak orang.

Facebook juga termasuk salah satu platform media sosial yang sering dimanfaatkan sebagai media untuk berjualan.

Hal ini dikarenakan facebook termasuk media sosial yang jumlah penggunanya terbanyak di dunia. Oleh karenanya, bisa dimanfaatkan sebagai media untuk berpromosi/berjualan online.

Anda juga bisa berjualan produk di market-market ternama di Indonesia, seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Untuk mempromosikan produk di marketplace, tentu saja Anda harus mendaftarkan akun di situs marketplace itu sendiri untuk bisa menjual barang/produk yang diinginkan.

Itulah beberapa ideas berjualan online tanpa modal yang bisa Anda coba untuk memudahkan bisnis online yang Anda jalankan. Selamat mencoba!