Bisnis jualan online saat ini sudah menjadi primadona sebagai peluang usaha modal kecil yang banyak dipilih. Ini sejalan dengan data yang menunjukkan bahwa 12% penduduk Indonesia atau sekitar 30 juta jiwa merupakan pelaku belanja online. Berdasarkan angka tersebutlah kemudian usaha bisnis online berubah sebagai ide peluang usaha bagi siapa saja.

Menurut tren, bisnis online yang tidak memerlukan toko offline dan stok barang sangat menjanjikan untuk dicoba. Meskipun bisnis online terlaris ini terkesan mudah, tetapi akan menjadi sulit jika kamu kurang mengetahui cara memulai bisnis online. Berikut 4 cara memulai bisnis online yang harus diperhatikan!

1. Menentukan Niche Pasar Sebelum Memulai Bisnis Online, Apa Maksudnya?

Langkah pertama untuk cara menjalankan bisnis online, yaitu menentukan niche. Buat kamu yang asing sama istilah ini, niche itu mudahnya adalah kamu menentukan pasar serta produk apa yang ingin dimanfaatkan sebagai ide peluang usaha. Misalnya kamu lebih tertarik berjualan produk gadget, fashion, kuliner, peralatan rumah tangga, atau produk lainnya.

Jika kamu sudah memutuskan untuk jualan online sebuah produk, maka artinya area of interest bisnis online-mu telah ditentukan. Mengapa kamu perlu menentukannya? Alasannya agar goal pembeli yang ingin disasar lebih jelas, sehingga bisnis online yang menguntungkan lebih mudah diwujudkan.

2. Cara Menjalankan Bisnis Online yang Kedua Ini Benar-Benar Penting!

Kalau kamu berencana memulai bisnis jualan online tapi nggak mau repot nge-stok barang, penting untuk memikirkan supplier mana yang terpercaya. Kamu bisa mencari tahu lewat testimoni atau ranking dari penjual lain produk mereka. Komentar positifnya bisa meyakinkanmu untuk memilih supplier tersebut.

Setelah itu, kamu perlu mengetahui produk apa yang masuk ke dalam kategori terlaris (winning/scorching product) dari provider tadi. Dari sana kamu lebih terbantu untuk memulai bisnis online. Karena, produk terlaris biasanya memiliki permintaan yang tinggi dari pembeli. Makanya, cara memulai bisnis online ini terbilang cukup krusial sebelum kamu memanfaatkan sumber peluang usaha yang sudah didapat.

3. Memilih Platform Online untuk Berjualan, Bisa Gratis Ataupun Berbayar

Jualan online tidak bisa berjalan begitu saja, jikalau kamu belum memastikan ingin memasarkan produk lewat mana. Bagi yang memulai bisnis online untuk pemula, kamu bisa membuat akun penjual di online market terpercaya atau akun khusus di media sosial untuk bisnis online tanpa modal sepeserpun.

Di samping itu, kamu juga bisa mengembangkan website sendiri untuk menjalankan bisnis online. Melalui cara memulai bisnis online ini, kamu dapat membangun sebuah model dan channel sendiri sesuai target pasar yang dituju.

4. Belajar Tentang Bagaimana Cara Memaksimalkan Bisnis Online yang Sudah Dimulai

Setelah ide peluang usaha tadi terwujud sebagai bisnis online, selanjutnya kamu disarankan untuk banyak belajar. Belajar tentang apa ya? Kamu perlu mengetahui dengan baik sistem atau tools di dalam platform yang digunakan. Terutama tools untuk mendapatkan informasi seputar berapa banyak yang berkunjung sampai belanja di toko online shop milikmu.

Lebih canggih lagi, kamu bahkan perlu memahami bagaimana cara untuk meraih jumlah pengunjung yang banyak ke tokomu. Baik dengan memaksimalkan visitors organik atau menggunakan iklan berbayar secara online. Kamu tidak perlu khawatir karena semua ideas cara menjalankan bisnis online bisa ditemukan di web.

Itu tadi cara memulai bisnis online dari nol yang bisa dicoba. Ide peluang usaha memang bisa datang dari mana saja dan untuk siapa saja. Seperti bisnis online untuk pelajar, mahasiswa, dan rumahan. Tinggal kapan ingin memanfaatkannya?