Bagi sebagian besar orang, menggunakan sandal di dalam rumah adalh sebuah kegiatan yang jarang sekali untuk dilakukan karena berbagai alasan, termasuk alasan dalam menjaga sebuah kebersihan rumah agar tetap bersih tanpa adanya noda atau bekas kotoran yang dapat ditimbulkan dari pemakaian sandal yang dilakukan di dalam rumah. Akan tetapi faktanya, memakai sandal di dalam rumah dapat menciptakan segudang manfaat. Sandal adal;ah sebuah barang yang sangat multifungsi, hal itu dikarenakan selain menciptakan manfaat saat dipakai diluar rumah, sandal juga dapat mempunyai berbagai manfaat saat dipakai di dalam rumah.

Seiring dengan berjalannya waktu, berbagai jenis dan model sandal juga semakin beragam dan sangat bervariatif, salah satunya adalah dengan adanya sepatu sandal. Sepatu sandal adalah sebuah sandal yang mempunyai bentuk seperti sepatu akan tetapi dengan bagian tumit yang terbuka. Sepatu sandal pada akhir-akhir ini sering menjadi salah satu pilihan bagi kalangan remaja karena dinilai dapat digunakan sebagai model atau penunjang penampilan. Dimasa sekarang sudah banyak berbagai jenis produk sepatu sandal remaja denagn berbagai model dan jenis yang sangat bervariatif.

Namun, fungsi sandal pada dasarnya adalah sebuah alas kaki yang mempunyai peran penting dalam menjaga klesehatan kaki agar tetap dalam kondisi yang sehat terutama menjaga kaki dari berbagai kuman dan bakteri yang mungkin saja bisa menempel pada lantai yang ada didalam rumah. Hal itu dikarenakan tidak dipungkiri se buah kuman dan bakteri yang bisa menempel pada lantai rumah yang terlihat bersih akan tetapi terdapat sebuah kuman dan bateri di tempat tersebut. selain itu menggunakan sandal didalam rumah juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara lebih efektif. Adapun manfaat menggunkan sandal di dalamĀ  rumah diantaranya

  • Mencegah infeksi dan bakteri
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Menjaga keseimbangan tubuh

1. Mencegah infeksi dan bakteri

Pada dasarnya, sandal merupakan sebuah alas kaki yang dipakai dalam menjaga kesehatan kaki agar dapat terhindarkan dari berbagai permasalahan yang dapat menyerang kesehatan kaki. Dalam kegunaanya, sandal adalah jenis alas kaki yang sangat multifungsi, hal itu dikarenakan bukan hanya berguna saat dipakai di luar rumah, sandal juga sangat berdampak positif jika dipakai didalam rumah terutama dalam menjaga agar kaki dapat terlindungi dari berbagai jenis kuman dan bakteri yang dapat menginfeksi dan dapat berisiko menimbulkan berbagai bentuk jenis penyakit yang berbahaya. Menggunakan sandal di dalam rumah membuat anda dapat terhindar dari berbagai jenis kuman atau bakteri yang menempel pada lantai, meskipun terkadang lantai terlihat bersih bukan berarti lantai terbebas dari kuman dan bakteri. Oleh Karena itu menggunakan sandal di dalam rumah dapat menekan potensi terserang kuman dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan.

2. Meningkatakan sirkulasi darah

Menggunakan sandal didalam rumah dapat menekan resiko terkena kaki bengkak. Kaki bengkak adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan Karena adanya sirkulasi dara yang tidak lancar. namun dengan menggunakan sandal di dalam rumah, maka akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar, akan tetapi anda harus menggunakan sandal yang mempunyai bentuk dan ukuran yang pas dipakai.

3. Menjaga keseimbangan tubuh

Bagi seorang lansia, menggunakan sandal merupakan sebuah cara yang dapat dilakukan untuk membantu menyeimbangkan stabilitas tubuh para lansia agar dapatĀ  tetap seimbang. Hal itu karena semakin bertambahnya usia membuat seseorang mempunyai keseimbangan tubuh yang mulai berkurang, oleh karena itu memilih sandal dengan ukuran yang pas dan nyaman digunakan akan membuat lebih menyeimbangkan para lansia saat sedang berjalan.