Cara Memblokir Facebook Sendiri Secara Sementara / Permanen, Berhasil!

Facebook merupakan salah satu media sosial terbesar yang memiliki berjuta-juta pengguna di seluruh dunia. Dengan banyaknya pengguna Facebook, raksasa media sosial ini pun semakin berkembang dan memiliki fitur-fitur yang canggih.

Namun, belakangan ini beberapa pengguna merasa was-was mengingat berita pencurian knowledge atau informasi pengguna dari Facebook yang dilakukan oleh Cambridge Analytica. Hal ini menjadi salah satu alasan para pengguna Facebook memblokir akunnya dan tidak tertarik lagi untuk menggunakan Facebook.

Namun, bukan berarti hal itu menjadi satu-satunya alasan pengguna. Beberapa mungkin merasa sibuk, berniat mengganti akun, dan ingin menghapus akun lama untuk melakukan pemblokiran akun Facebooknya sendiri. Bagi Anda yang ingin memblokir akun Facebook, Anda dapat menyimak cara blokir FB sendiri di bawah ini.

Cara Memblokir Facebook Sendiri

Memblokir atau menonaktifkan akun Facebook sendiri terdiri dari dua jenis yaitu sementara dan permanen. Anda bisa memilih dari kedua jenis tersebut yang masing-masing saya paparkan, melalui HP Android dan PC / Laptop (Klik link dibawah ini untuk langsung menuju ke pembahasannya).

1. Cara Memblokir Akun FB Lewat HP Android

Tidak jauh berbeda dengan PC/laptop computer, cara memblokir facebook sendiri melalui aplikasi dan browser di Android juga dapat dilakukan. Untuk memblokir sementara akun Facebook saya lakukan melalui aplikasi Facebook yang telah terinstal pada Android.
Sementara, untuk memblokir permanen atau menghapus selamanya akun Facebook pada Android, gunakanbrowseryang ada pada Android Anda (saya menggunakan Google Chrome).

A. Memblokir Akun FB Sementara
1. Buka aplikasi Facebook (bisa juga melalui browser) pada Android Anda, dan login. Klik pada menutiga garis horizontal. . Lakukanscrolling ke bawah, pilihSettings & Privacy. . PilihAccount Settings. . Pada pilihan Account Settings, klik opsiGeneral. . Selanjutnya, klikManage Account. . KlikDeactivateuntuk menonaktifkan akun. . Setelah itu, pilih alasan menonaktifkan akun sementara. Jangan lupa untuk mengisi alasannya pada kolom yang tersedia di bawah opsi.
8. Centang untuk menolak e-mail dari Facebook dan klik tombolDeactivate. . Akun Anda berhasil dinonaktifkan sementara. Klik OK untuk keluar dari akun.

Sama halnya memblokir melalui PC, pada Android, menonaktifkan akun Anda sementara waktu dapat dipulihkan dengan loginkembali menggunakanemaildanpasswordakun Facebook Anda.

B. Memblokir Akun FB Permanen
1. Bukabrowserpada Android Anda (misalnya Google Chrome). Buka halaman Facebook danloginke akun Anda.
2. Kunjungi hyperlink/help/delete_accountpada browser. Anda bisa melakukannya pada tab yang sedang Anda buka atau dengan membuka tab baru padabrowser.
three. Halaman ini merupakan halaman konfirmasi penghapusan akun Facebook Anda secara permanen. Masukkanpasswordakun Anda untuk melanjutnya. Kemudian, tekan tombolKirim. . Selanjutnya, akan diberitahu jadwal penghapusan resmi akun Anda secara permanen. Artinya, Anda tidak dapat memiliki akun Anda kembali setelah dihapus pada jadwal itu. Klik tombolKonfirmasi Penghapusanuntuk melanjutkan penghapusan akun. . Jadwal yang tertera pada gambar adalah 14 hari kemudian setelah saya melakukan pemblokiran permanen ini. Jika saya tidak loginsebelum tanggal tersebut, maka akun saya benar-benar akan terhapus.
6. Akun Anda berhasil dijadwalkan untuk dihapus pada 14 hari kemudian.

2. Cara Memblokir Akun FB Lewat PC / Laptop

A. Memblokir Akun FB Sementara
Langkah-langkah berikut akan menjadikan akun Anda dihapus sementara. Pengguna Facebook sementara tidak bisa lagi melihat kronologi Anda. Namun, untuk mengaktifkan kembali akun Facebook tersebut, Anda bisa login seperti biasa.

1. Buka browser pada PC Anda (di sini saya menggunakan browser Google Chrome). Lalu login akun Facebook Anda.
2. Pada halaman Beranda, klik tanda panah bawah di akhir menu (seperti pada gambar). PilihPengaturan. . Setelah itu Anda mendapati halaman Pengaturan Umum Akun. KlikEditpada bagian Kelola Akun. . Kemudian akan muncul pengaturan di bawah Kelola Akun. Pada bagian Nonaktifkan akun Anda, klik tulisanNonaktifkan akun Andayang berwarna biru, seperti pada gambar. . Kemudian, Anda harus memberi alasan menonaktifkan akun Facebook Anda. Di sini saya memilih alasan yang pertama. Tiap alasan yang Anda pilih, jangan lupa untuk menjelaskannya pada kolomHarap jelaskan lebih lanjut. Setelah itu, Anda dapat mencentang bagianTolak e-mail, jika Anda tidak ingin adainbox yang masuk ke email Anda dari Facebook nantinya. Kemudian, klik tombolTutup. . Akan muncul kotak dialog yang akan meverifikasi Anda kembali. Jika yakin untuk menonaktifkan akun Facebook Anda, klik tombolNonaktifkan Sekarang. . Nah, pada gambar selanjutnya ini akan terlihat data bahwa akun Facebook Anda telah berhasil dinonaktifkan sementara. Namun, untuk mengaktifkannya kembali, Anda bisaloginseperti biasa.

B. Memblokir Akun FB Permanen
1. Buka browser Anda dan loginpada halaman Facebook seperti biasa. Lanjut dengan mengunjungi halaman berikut ini /help/delete_account
2. Disini Anda lihat halaman yang terbuka berdasarkan hyperlink yang telah disebutkan sebelumnya. Klik tombolHapus Akun Saya. . Selanjutnya, muncul konfirmasi dengan mengisi password dan kode yang disediakan. Setelah Anda isi keduanya, klik tombolOK. Bagian ini akan mengonfirmasi jika Anda benar-benar ingin menghapus akun Anda. . Setelah itu, klik OK. Akun Anda dalam berhasil diatur dalam perintah penghapusan. . Terdapat informasi yang diberikan oleh Facebook (terlihat pada gambar di atas) bahwa Anda masih dapat membatalkan tindakan penghapusan akun Facebook Anda.
6. Caranya dengan login ke Facebook seperti biasa dalam kurun waktu 14 hari ke depan. Jika Anda tidakloginsama sekali selama 14 hari tersebut maka akun Facebook Anda akan dihapus selamanya.
7. Setelah melakukan langkah di atas, Facebook otomatis mengembalikan ke halaman awal sebelum login.

Sebelum memblokir akun Anda diharapkan Anda mengingat email dan password Anda. Bisa jadi Anda berubah pikiran sewaktu-waktu Anda ingin mengaktifkannya kembali. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai cara memblokir facebook sendiri, silakan cantumkan di kolom komentar di bawah, ya. Terima kasih.