5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Raja Ampat

Ada satu daerah di Indonesia yang keindahan alamnya sulit dibandingkan. Bahkan, bagi wisatawan mancanegara, tempat ini dianggap sebagai tempat terindah di dunia. Letaknya berada di Indonesia bagian Timur. Penduduk setempat mengenalnya sebagai surga kecil di dunia. Surga tersebut bernama Raja Ampat.

Raja Ampat adalah daerah yang memiliki lanskap pemandangan luar biasa. Jika Anda berkesempatan melihat dari bukit, Anda akan melihat hamparan laut yang berwarna biru. Air lautnya begitu jernih. Bahkan, karena terlalu jernih, Anda bisa melihat ikan apa saja yang berenang di sana.

Selain laut, ada wisata daratan yang tidak kalah menakjubkan. Deretan bukit yang menjulang tinggi dan dilingkupi oleh pepohonan yang besar membuat siapa saja yang pergi ke sana akan terkesima. Ini belum lagi ditambah gugusan flora dan aneka fauna yang berkeliaran di sana.

Lalu, kira-kira apa saja, daerah wisata yang cocok bagi wisatawan yang baru pertama kali ke Raja Ampat? Ikuti penelusuran selengkapnya dengan membaca hingga tuntas artikel di bawah ini.

1. Piaynemo

Salah satu destinasi wisata di Raja Ampat yang menjadi incaran wisatawan adalah Piaynemo. Hal ini disebabkan Piaynemo adalah tempat strategis untuk melihat laguna yang memiliki gradasi warna menakjubkan. Terkadang bisa hijau kemudian berganti biru. Maka, tidak heran banyak wisatawan yang berlomba untuk berfoto dengan latar belakang laut dan pulau-pulau kecil.

Namun, untuk mencapai ke sana, Anda memerlukan fisik yang prima. Sebab, ada anak tangga yang berjumlah 320. Ini tentu saja jumlah yang banyak bagi wisatawan yang tidak biasa berolahraga. Waktu normal yang dibutuhkan untuk mencapai puncak Piaynemo adalah 20 menit. Saat menaiki anak tangga, dan Anda lelah, Anda bisa beristirahat sejenak di tempat yang telah disediakan.

2. Telaga Bintang

Mengapa disebut bintang? Karena jika dilihat dari atas, laguna tersebut membentuk simbol bintang. Ini adalah salah satu area yang mana wisatawan akan berswafoto. Area yang sering masuk di media sosial karena lanskap pemandangan pulau yang mengagumkan. Jika beruntung, dari atas Anda bisa melihat penyu atau bayi hiu.

Jika Anda baru saja mengunjungi Piaynemo, jarak yang dibutuhkan untuk mencapai Telaga Bintang hanya lima menit. Namun, aturan yang perlu diperhatikan adalah Anda butuh fisik yang ekstra karena pijakan untuk mencapai ke atas tidak menggunakan tangga kayu melainkan karang. Kemudian, waktu untuk menikmati pemandangan dibatasi maksimal 30 menit. Hal ini untuk menghormati wisata lain yang juga ingin naik ke atas.

3. Wayag

Hampir sama dengan tempat wisata lainnya di Raja Ampat, Wayag juga memiliki pemandangan alam serupa. Namun, bedanya adalah Anda bisa menyaksikan langsung ikan baby manta pari. Ada hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin melihatnya. Jika ingin menggunakan speed boat, jangan sampai kencang karena akan mengganggu jalur ikan tersebut. Selain ikan baby pari manta, Anda juga akan menemukan penyu.

Satu hal persamaannya adalah jika Anda ingin mencapai puncak, Anda harus bersiap secara matang. Sebab, tangga yang digunakan bukan tangga kayu melainkan karang. Maka, lansia biasanya tidak diperkenankan untuk naik karena khawatir dengan kondisi fisiknya.

4. Misool

Ini adalah diving spot terbaik di Raja Ampat. Anda bisa menyelam hingga kedalaman 40 meter. Ketika menyelam di Misool, Anda akan menemukan salah satu fauna laut yang eksotis yaitu ikan pari. Namun yang perlu Anda ketahui adalah waktu menyelam dibatasi. Tidak boleh lebih dari dua jam bahkan jika memungkinkan hanya satu jam.

Selain itu, Anda harus koordinasi dengan petugas setempat untuk memastikan jadwal menyelam. Jika kosong, Anda diperbolehkan menyelam dengan pakaian penyelam profesional.

5. Puncak Harfat

Wisata Raja Ampat identik dengan wisata bahari. Namun demikian, ada pula wisata daratan yang berupa trekking. Itu bisa Anda dapatkan saat mengunjungi Puncak Harfat. Bagi wisatawan yang membawa lansia, tempat ini cocok karena menyediakan tangga kayu untuk berpijak. Di Puncak Harfat, Anda akan menemukan gua keramat. Gua yang konon pada malam hari selalu memunculkan suara orang lagi salawat dan rebana. Tertarik uji nyali di sana?

Inilah lima tempat wisata di Raja Ampat yang dapat menjadi daftar rekomendasi wisatawan. Jika Anda ingin mengetahui destinasi wisata Indonesia lainnya, Anda bisa temukan di Indonesia Travel. Tetap patuhi protokol kesehatan selama berwisata di Raja Ampat.

Related Post