Gadgetren – Seperti permainan berbasis on-line lain, terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan para pengguna tidak bisa login atau masuk ke dalam permainan battle royale Garena, Free Fire.

Secara garis besar, hal tersebut bisa terjadi akibat permasalahan yang terjadi di sisi pengembangan maupun pengguna. Yang mana tentunya, perlu disikapi atau diselesaikan dengan cara yang cukup berbeda.

Supaya kamu tidak khawatir saat hal tersebut terjadi, berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan pemain tidak bisa login di Free Fire, sekaligus cara untuk menyikapinya.

Maintenance

Sebagai permainan yang mengusung gameplay multiplayer, Free Fire tidak bisa dilepaskan dari upkeep rutin. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki beberapa permasalahan yang dilaporkan oleh para pengguna.

Selain itu, maintenance biasa digunakan untuk memberikan peningkatan dan pembaruan pada permainan battle royale tersebut, seperti untuk mengimplementasikan mode, map, fitur, atau merchandise baru.

Sebagai akibatnya, kadang-kadang permainan akan ditutup sementara waktu, sehingga pengguna tidak bisa login ke dalam permainan. Dalam hal ini, pemain hanya perlu bersabar hingga maintenance selesai.

Server Penuh

Meskipun jarang terjadi, popularitas tinggi yang dimiliki oleh Free Fire bisa menyebabkan servernya menjadi penuh. Dan ketika server penuh, biasanya pemain yang belakangan hadir akan ditolak masuk oleh Garena.

Jika hal ini terjadi, pengguna bisa sedikit bersabar menunggu hingga servernya regular kembali, atau mencoba mencari server lain yang tidak penuh.

Facebook/Google/VK Down

Untuk mengamankan akun dan menyimpan berbagai macam capaian, pemain akan diminta untuk menautkan akun Free Fire dengan akun lain, seperti Google Play, Facebook, maupun VK.

Dan sebagai akibatnya, kadang-kadang ketika layanan dari akun yang kita gunakan tersebut down, kita juga akan sedikit kesulitan untuk masuk ke dalam permainan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menautkan akun ke lebih banyak akun supaya lebih aman.

Koneksi Eror

Selain permasalahan yang terjadi di sisi layanan, koneksi atau kualitas jaringan internet juga sangat berpengaruh pada game-recreation multiplayer, seperti Free Fire salah satunya.

Oleh sebab itu, sebelum memainkan permainan ini, sebaiknya kamu mengecek kuota yang kamu miliki dan memastikan koneksi web yang kamu gunakan lancar.

Dalam hal ini, kamu bisa mengecek koneksi web dengan layanan atau situs khusus, seperti Google Internet Speed Test, speedtest.internet, fast.com dan lain sebagainya.

Akun Bermasalah

Buat kamu yang sering melakukan kecurangan (cheating), lama tidak menggunakan akun, atau tidak sengaja melakukan hal yang dilarang Garena, tentu saja pemblokiran akun menjadi hal yang menakutkan untuk dihadapi.

Karena jika dilakukan pemblokiran akun, tentu saja kamu tidak akan bisa memainkan Free Fire dengan akun tersebut lagi. Namun jika terjadi karena tidak sengaja, kamu bisa menghubungi customer service Garena melalui Facebook atau fitur chat di halaman help-nya untuk memulihkannya.