JAKARTA, iNews.id – Instagram adalah salah satu media sosial populer yang ada di luar sana. Banyak orang menggunakan media milik Facebook ini baik untuk kesenangan semata atau promosi.

Bagi pengguna baru, bermain Instagram bisa terasa menyenangkan. Namun, bagaimana dengan pengguna lama? Mereka bisa saja menemukan sesuatu yang tidak menyenangkan ada dalam Instagram mereka.

Bila menemukan sesuatu yang tidak menyenangkan di Instagram, artinya sudah waktunya bagi Anda untuk bersih-bersih. Berikut ini 5 cara praktis untuk membersihkan Instagram Anda, sebagaimana dikutip Makeuseof, Rabu (27/5/2020).

1. Unfollow Akun yang Tidak Pernah Berinteraksi dengan Anda

Tak jarang orang mengikuti lebih banyak akun dibanding yang seharusnya. Susuri orang yang Anda ikuti untuk melihat seberapa sering mereka berinteraksi denganmu.

Untuk membantu menyusurinya, Instagram sekarang memperlihatkan akun mana yang jarang berinteraksi dengan Anda. Caranya, masuk ke ikon Profile yang terletak di bawah kanan bawah Instagram untuk memperlihatkan profil.

Selanjutnya, klik Following untuk melihat list siapa saja yang Anda observe. Di atas record, Anda akan melihat Categories, yang mencakup Least Interacted With dan Most Shown in Feed. List tersebut akan mengungkap akun yang jarang posting, menyukai, atau komentari Anda. Lalu record juga akan memperlihatkan akun mana yang mengisi feed Anda.

2. Hapus atau Archive Foto Lawas

Pengguna akan lebih merasa percaya diri saat mengetahui halamanmu mewakili Anda dengan baik. Untuk itu, Anda harus melihat-lihat halaman Anda dan mempertimbangakan menghapus atau mengarsipkan beberapa foto.

Bisa saja, Anda mempunyai foto lawas yang berkualitas rendah atau gambar memalukan yang mencerminkan Anda dengan buruk. Jadi, menghapus foto tersebut dapat menampilkan konten terbaik Anda.

Untuk menghapus foto, pilih halaman Anda dan tekan tombol menu tiga di kanan atas postingan. Pilih Hapus dan konfirmasi pilihan Anda. Melakukan hal ini secara permanen menghapus foto dan semua informasi terkait tanpa opsi untuk memulihkannya. Jadi, pastikan Anda yakin sebelum menghapusnya.

Archiving adalah pilihan yang tidak terlalu parah. Saat Anda meng-archive foto atau video, postingan menghilang dari profil publik Anda. Namun, Anda masih dapat melihat postingan yang diarsipkan.

3. Restrict atau Block Orang Toxic

Jika Anda memiliki masalah serius dengan pengguna tertentu, Instagram memberikan tool untuk mematikannya. Pilihan paling parah adalah proscribing (membatasi).

Saat Anda membatasi seseorang, mereka secara efektif menjadi dilarang. Komentar mereka tidak akan ditampilkan kepada publik di posting, kecuali Anda menyetujuinya. Mereka juga tidak dapat melihat apakah Anda on-line atau telah membaca pesan.

Untuk membatasi seseorang, kunjungi profilnya, tap tombol menu tiga titik di kanan atas dan pilih Restrict. Orang-orang tidak akan tahu Anda membatasi mereka. Lalu, Anda dapat mengunjungi jendela ini untuk membalikkan proses.

Anda juga dapat memblokir akun tertentu untuk sepenuhnya mencegah orang berinteraksi dengan unggahan Anda. Anda akan menemukan opsi memblokir pada menu yang sama seperti membatasi. Instagram tidak memberitahu orang saat Anda memblokir mereka. Jika mereka mengunjungi halaman Anda, akun akan terlihat benar-benar kosong.

4. Bersihkan Halaman Explore

Halaman discover Instagram membantu Anda menemukan akun baru untuk diikuti. Namun, sebagian mendasarkan ini pada pencarian Anda dan riwayat aktivitas. Artinya, explore bisa menjadi berantakan dengan saran yang tidak relevan dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, halaman explore perlu dibersihkan. Untuk melakukan itu, reset Explore web page, clear search historical past dengan mengunjungi halaman profile. Buka sidebar di sisi kanan dan klik Settings. Dari sini, pergi ke Security> Search History. Clear merchandise secara individual dengan tapping X di sebelah mereka atau hit Clear all untuk mulai recent.