KONTAN.CO.ID – JAKARTA.Akhir-akhir ini, kegiatan bersepeda banyak dilakukan oleh orang-orang. Selain untuk menjaga kesehatan fisik, bersepeda juga dijadikan sarana rekreasi di tengah pandemi corona. Hal itu menyebabkan praktik beli dan jual sepeda semakin marak. Jika Anda berencana untuk jual sepeda lama untuk beli sepeda baru, cara di bawah ini bisa Anda coba.

Cari Informasi Dasar Sepeda

Dengan kemajuan teknologi, jual sepeda bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan jual sepeda online. Anda bisa mempromosikan sepeda yang ingin Anda jual di media sosial atau dengan memakai market place yang Anda mau.

Sebelum memasang iklan jual sepeda, Anda harus menyiapkan informasi dasarnya terlebih dahulu. Bikeexchange.com menyebutkan, informasi dasar yang dimaksud adalah brand sepeda, model sepeda, tahun pembuatan sepeda, ukuran sepeda, dan informasi dasar lainnya.

Bersihkan Sepeda

Sebelum jual sepeda, perhatikan kondisi sepeda Anda. Meski sepeda sudah lama tidak dipakai, tapi Anda tetap harus jual sepeda yang bersih. Anda bisa mencuci sepeda terlebih dahulu. Mencuci sepeda juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan cek bagian mana yang membutuhkan servis sebelum sepeda itu Anda jual.

Bawa ke Tukang Servis

Mengutip dari bikeexchange.com, jual sepeda haruslah Anda lakukan dengan cara yang jujur. Dengan memperbaiki bagian sepeda yang rusak, Anda bisa mempertahankan nilai jual sepeda. Jika Anda merasa tidak yakin atas bagian apa saja yang mengalami kerusakan, akan lebih baik jika sepeda yang akan dijual Anda bawa terlebih dahulu ke tukang servis.

Tidak menjadi masalah jika ada bagian yang rusak, tapi Anda memutuskan untuk membetulkannya. Namun, pastikan Anda menjelaskan atau menyebutkan bagian yang rusak saat jual sepeda.

Hasilkan Foto yang Bagus

Kunci sukses untuk jual sepeda secara online adalah dengan foto produk yang bagus. Meski ada foto sepeda yang bisa Anda dapat dari web, tapi pembeli akan lebih tertarik dan percaya jika Anda memakai foto asli.

Anda tidak perlu memakai kamera yang mahal. Bikeexchange.com memberikan ideas foto untuk jual sepeda agar sukses. Pertama, Anda harus mengambil foto sepeda di tempat dengan pencahayaan yang bagus. Selain itu, pastikan untuk mengambil foto sepeda dari beberapa angle. Mulai dari foto sepeda dari bagian kanan, sejajar dengan tinggi sepeda, dan angle lainnya.

Menggunakan background foto yang bersih juga disarankan agar element sepeda tidak terdistraksi dengan ornamen lain. Saat ingin jual sepeda, pastikan tidak ada aksesoris sepeda yang diikutsertakan dalam foto jika Anda tidak ingin menjualnya. Setelah semua foto siap, pasang iklan jual sepeda online bisa Anda lakukan.