Anda tak perlu mengucurkan uang jutaan rupiah untuk tampil chic ala fashion gurus di Harajuku. Kini, hanya dengan bermodal ratusan ribu dan smartphone di genggaman, kamu bisa berselancar di online shop terpopuler di Jepang dan belanja preloved fashion. Jika cukup jeli, kamu bahkan bisa menjumpai pakaian bermerek dengan harga di bawah Rp200 ribu!

Dari sekian banyak online shop di Jepang, kami memilih tiga online shop untuk kamu yang suka fashion. Kamu bisa belanja online sambil rebahan selama #DiRumahAja. Siapa tahu bisa dijadikan inspirasi OOTD-mu!

1. Mercari

Jangan khawatir pertanyaan kamu bakal dicuekin lagi sama seller! Online shop Mercari yang hadir dengan konsep mirip OLX ini memungkinkan kita membeli produk langsung dari penjualnya, nih! Kita bebas me-evaluate produk sehingga seller akan memberikan pelayanan terbaik agar tidak mendapatkan bad review.

Keunggulan utama dari online shop ini adalah dari kemudahan berbelanja dan pencarian. Kamu bisa memilih produk berdasarkan kategori, ukuran, danbrand. Deskripsi produknya juga sangat lengkap, lho. Namun, online shop ini memang masih dalam bahasa Jepang. Tak perlu berkecil hati, kamu bisa memanfaatkan fitur Google Terjemahan agar bisa memahami deskripsi produknya.

Namun, kalau kamu sudah ada gambaran ingin membeli apa, silakan masukkan kata kunci dari produk tersebut. Mercari menjual aneka jenis fashion, tas, dan sepatu branded yang pasti dijual dengan harga murah. Ada juga barang-barang lain, seperti smartphone, kebutuhan rumah tangga, aksesori, hingga Nintendo.

2. Ragtag

Jika kamu mencari produk spesifik keluaran dari model-model kenamaan, Ragtag bisa dijadikan pilihan. Ada sekitar 250 ribu produk bermerek yang bisa kamu temukan di online shop ini! Di antaranya, BALENCIAGA, Supreme, Puma, Converse, Christian Louboutin, Burberry, dan masih banyak lagi.

Ditambah lagi, online shop ini tidak memberlakukan ongkos kirim untuk wilayah Jepang, lho! Jika kamu sedang ada di Jepang, bisa beli barang bermerek tanpa harus mengeluarkan biaya ongkos ke toko dan pengiriman. Sayangnya, situs ini tidak sedetail Zozoused. Jadi, kamu harus benar-benar teliti saat membaca detail produknya agar tidak salah pilih. Cuma di sini, kamu bisa menemukan barang branded dengan kondisi bagus yang harganya tidak mencekik!

3. Zozoused

Kamu nggak perlu stress saat melihat semua bahasa di situs ini tersaji dalam bahasa Jepang. Pasalnya, Zozoused bekerja sama dengan Buyee untuk mengakomodasi pengguna internasional. Koleksi produk prelovedyang ditawarkan online shop ini sebagian besar merupakan model lokal Jepang. Mungkin inilah alasan mengapa Zozoused begitu digandrungi di Jepang. Kamu bisa berbelanja sepatu, tas, skirt, dress, kimono, peralatan dapur, aksesori, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mencari berbagai mannequin pakaian dengan harga di bawah 3,000 yen (sekitar Rp300 ribuan) saja. Saya mencoba untuk scrolling dan berhasil menemukan skirt cantik seharga 900 yen saja atau sekitar Rp 100 ribu! Untuk kamu yang menyukai thrift shop, situs ini adalah tempat yang tepat untuk memulai perburuanmu. Deskripsi produknya pun sangat informatif karena menyajikan informasi actual dari kondisi produknya.

Apakah barang new/unused, good as new, good, slightly damaged, atau damaged. Foto produk juga element dan jelas, serta diambil dari berbagai sudut. Dengan hanya melihat dari fotonya, sudah seperti melihat yang asli. Jika kamu sedang ada di Jepang, silakan berbelanja di sela-sela waktu istirahatmu di lodge. Untuk biaya pengirimannya sebesar 200 yen saja untuk seluruh wilayah. Jika ingin beli dari Indonesia, biaya ongkirnya sekitar 1,000 sampai 3,000 yen tergantung ekspedisi yang kamu pilih. Yuk, langsung cus belanja saja ZOZOUSED.

Salah satu hal yang membuat orang-orang suka berbelanja preloved fashion Jepang adalah orang Jepang terbiasa memperhatikan kondisi barang-barangnya. Meskipun bukan preloved, kondisinya masih bagus seperti belum pernah dipakai.